google-site-verification=LkW6d0rlc7Mnbfzn30C30EuXcJpcUoBWqELZMrvh8EM

Sejarah Singkat

Kata Madrasah bersinonim dengan kata sekolah, yang pada hakikatnya adalah sebuah lembaga pendidikan pendidikan Islam yang berada di Naungan Kementerian Agama. Secara Geografis Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tanah Datar keadaannya Nyaman dan Asri, Jauh dari kebisingan dan sangat menunjang sebagai lokasi sebuah lembaga Pendidikan. MAN 3 Batusangkar  terletak salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Datar, yaitu suatu daerah kecamatan pemekaran dari Kecamatan Lintau Buo di sebelah Timur Kota batusangkar, tepatnya di Nagari Batu Bulek. Jarak MAN 3 Tanah Datar  + 27 Km dari pusat kota Batusangkar. Dan 32 KM dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar di Pagaruyung.

MAN 3 Tanah Datar yang dahulu dikenal dengan Nama MAN 3 Batusangkar, merupakan bunga Setangkai bagi Kabupaten Tanah Datar yang sering disebut dengan “ LUHAK NAN TUO”, karena Kabupaten Tanah Datar (Pagaruyung) merupakan pusat kebudayaan Alam Minang Kabau tempo dulu. Kehidupan masyarakatnya yang berbenteng adat dan agama yang sering diungkapkan dalam pepatah  Minang “ ADAT BASANDI SYARAK SAYARAK BASANDI KITABULLAH”. Corak kehidupan masyarakat yang demikian disebabkan oleh pengaruh ulama besar Minang Kabau dulu yang telah berjuang membina masyarakat melalui surau-surau (pesantren=sebutan jawa) dan Madrasah-Madrasah yang mereka dirikan.

Munculnya lembaga pendidikan yang diberi nama “MAN 3 Tanah Datar” dewasa ini, bukanlah merupakan kehadiran yang tiba-tiba, tetapi adalah merupakan kelanjutan dari pertumbuhan sekolah/ Madrasah-madrasah dalam lingkungan Departemen Agama yang sekarang berubah nama menjadi Kementerian Agama yang didirikan oleh para-para Ulama atau Tokoh yang peduli kepada pendidikan Agama di Kabupaten Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

Sebelum menjadi Madrasah Negeri, dahulunya merupakan sebuah sekolah yang merupakan Lokal Jauh (Filial) dari MAN Sungayang Batusangkar I berdasar Pada Piagam Peresmian oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Sumatera Barat Bpk H. HASNAWI KARIM Nip. 030135686. Kemudian Berdasarkan SK. Direktur Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Dep. Agama RI tanggal 30 April tahun 1984 No. Kep/E/PP/007/143/1984, maka Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Dakwah Islamiyah Batu Bulat resmi menjadi Madrasah Aliyah Negeri Batu Bulat Filial Sungayang Batusangkar I. Kemudian Penegerian Madrasah ini juga berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 515 A Tahun 1995, perubahan Madrasah Aliyah Negeri Batusangkar Filial Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar menjadi Madrasah Aliyah Negeri 3 Batusangkar. Tahun 2017 berdasarkan nomenklatur Madrasah se Indonesia yang diterbitkan oleh Menteri Agama RI, maka nama MAN 3 Batusangkar berubah menjadi MAN 3 Tanah Datar.

Penegerian Madrasah ini berada pada masa kepemimpinan Bpk H. Musfit Bakar, BA sesuai dengan perkembangan madrasah dan perjuangan dari tokoh-tokoh masyarakat Batu Bulek pada khususnya diakhir tahun 1995 Madrasah ini di Negerikan oleh pemerintah.pada waktu ini jumlah lokal berjumlah 3 lokal dan 1 ruang untuk majelis Guru merangkap ruang kepala Madrasah dan Tata Usaha.

Diawal kepemipinan Bapak Musfit Bakar, BA Perkembangan MAN 3 Tanah Datar ini di bangun 3 lokal ruang belajar dan 2 buah WC pada Tanah bagian bawah yang dahulunya merupakan parak singkong. Dan di bagian selatan dibangun pagar tembok yang merupakan batas antara Tanah Madrasah dengan Tanah penduduk disekitar. Pada waktu itu lokal hanya dibangun sekitar lokal XII Agama ini.

Kepemimpinan Bapak Drs. Yuhanizar, MH dibangun lbaor IPA yang berlokasi disebelah Kantor Majelis Guru yang lama.

Masa Kepemimpinan Bapak Drs. Husaini, M.Pd dibangun Kantor Majelis Guru, Ruang Kepala dan Tata Usaha, yang awalnya lokasi untuk membangunnya merupakan Lapangan Volly dan Olah Raga bagi siswa MAN 3 Tanah Datar.

Setelah Ruang mejelis guru, ruang kepala dan tata usaha pindah keruangan baru, maka ruang kantor ini dijadikan atau dipakai sebagai perpustakaan MAN 3 Tanah Datar dengan terlebih dahulu dilakukan Rehap Berat terhadap bagunan perpustakaan ini. Dan pada masa kepemimpinan Bapak Drs. Husaini, M.Pd ini Madrasah juga mendapat bantuan 10 unit Komputer, sehingga lokal disebelah perpustakaan dijadikan Labor Komputer sampai sekarang.

Kemepimpinan Bapak Drs. Syafruddin Nurdin, MA dibangun sebuah lokal antara lokal bagian atas dan lokal awal yang dahulunya tanah tersebut digunakan sebagai tempat Kantin dan Pondok penjaga Madrasah. Sekarang lokal tersebut menjadi lokal XI IPS. Pada masa dia juga MAN 3 Tanah Datar mendapat Bantuan Rehap 3 lokal bagian atas dan diberi lantai keramik. Dan diselesaikan juga Pagar yang masih terbengkalai serta dibangun sebuah ruang belajar di bagian atas (dibawah pohon Petai) yang dahulunya merupakan kebun Madrasah. Serta diakhir kepemimpinannya Bapak ini juga mengusahan membuat Ruangan pada Piring-piring bagian Belakang Madrasah ini.

Masa Kepemimpinan Bapak Agustamam, S.Ag dibangun 1 ruang belajar dibagian atas yang dahulunya digunakan sebagai bagian tempat Upacara siswa dan Guru MAN 3 Tanah Datar, kemudian dimasanya juga dibangun WC untuk siswa di bagian bawah Gedung MAN 3 Tanah Datar ini. Disamping itu mendatarkan Tanah halaman Madrasah, membangun pagar dengan Besi di depan Kantor Majelis Guru serta menyelesaikan masalah sertifikat kepemilikan Tanah MAN 3 Tanah Datar ini. Pada Masa ini Kepala Madrasah Aliyah Berprestasi juga di berikan kepada MAN 3 Tanah Datar.

Kepemimpinan Ardoni Ernanda, M.Ag dimulai Tahun 2017, diawal kepemimpinannya nama Madrasah berubah dari MAN 3 Batusangkar menjadi MAN 3 Tanah Datar, Pada Kepemimpinannya, Dimulai memasukan Jaringan Internet ke MAN 3 Tanah Datar serta awal pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer (UBK). Dan ditahun 2018 dengan perubahan Nomonklatur Madrasah, maka Merek dan Plang Nama diganti untuk penampilan dan wajah madrasah yang lebih baik. Untuk Pengembangan Madrasah dari segi Fisik masih sedang diusahakannya, terutama pengadaan Tanah untuk perluasan Lokasi Madrasah nantinya.

Pada Masa Kepemimpinan Ardoni Ernanda, M.Ag juga di tambah tenaga Kependidikan, yakni 1 orang Tenaga Keamanan (Security). Jumlah Tenaga Pendidikan dan Kependidikan  berjumlah 45 orang, dengan Tenaga PNS sebanyak 23 orang Guru dan 3 orang Pegawai. Sisanya adalah tenaga Honorer. Kaur Tata Usaha Pada masa ini adalah Bapak NAZIRWAN, SE (Pensiun bulan Agustus 2018). Tahun ini juga Madrasah mendapat Penghargaan Juara III Perpustakaan Berprestasi dari Kementerian Agama Kabupate Tanah Datar.

Berikut penulis gambarkan nama-nama kepala MAN 3 Tanah Datar yang dimulai semenjak berdirinya:

NO NAMA MASA JABATAN KET
1 Musfit Bakar, BA 1995 s/d 2001 MAN 3 Batusangkar
2 Drs. Yuhanizar, MH 2001 s/d 2004 MAN 3 Batusangkar
3 Drs. Husaini, M.Pd 2004 s/d 2006 MAN 3 Batusangkar
4 Drs. Syafruddin Nurdin, MA 2006 s/d 2012 MAN 3 Batusangkar
5 Agustamam, S.Ag 2012 s/d 2017 MAN 3 Batusangkar
6 Ardoni Ernanda, M.Ag 2017 s/d sekarang MAN 3 Tanah Datar

Demikianlah sepintas sejarah berdirinya MAN 3 Tanah Datar dan Nahkoda yang mengemudikannya dalam perkembangannya dari masa kemasa, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Sumber:

  1. Arsip MAN 3 Batusangkar yang ditulis oleh Buk Yusmanidar 2017
  2.  Piagam Peresmian oleh Kakanwil Departemen Agama tahun 1984
  3. Surat Keputusan Menteri Agama RI Tahun 1995